DESAIN PERMODELAN GRAFIS


- DESAIN GRAFIS -


1. Apa itu desain grafis 
    
    Suatu proses membuat, menggambar suatu objek yang ditujukan sebagai suatu informasi berbentuk visual/gambar agar lebih mudah dipahami dan lebih menarik untuk dilihat. 

2. Prinsip / unsur desain grafis
    
    Dalam desain grafis pun terdapat beberapa prinsip dan unsur-unsur yang harus diperhatikan, agar hasil dari pekerjaan atau karya yang kita hasilkan bisa tersampaikan pesan atau informasi yang terkandung di dalamnya.
  
Prinsip :

- Keserdehanaan, desain yang dibuat tidak terlalu rumit dan banyak ornamen yang digunakan. Hal itu dapat membuat orang yang melihat menjadi tidak fokus dan bingung dengan apa yang kita sampaikan dalam desain tersebut. Beberapa desainer grafis menyebut prinsip ini dengan KISS (Keep It Simple Stupid).

- Keseimbangan, kesan keseimbangan pada desain seperti warna dan font yang digunakan. misalkan warna logo dan background harus seimbang.

- Kesatuan

- Penekanan

- Irama

- Proporsi 

3. Sejarah Perkembangan desain grafis

Sejarah awal

   Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). 

Sejarah Perkembangan

(1398-1468)
    penemuan teknologi mesin cetak tahun 1447, menyerupai desain Rhineland(Jerman) untuk menghasilkan anggur. merupakan penemuan revolusioner untuk memproduksi buku secara massal dan low cost.

(1851)
      The Great Exhibition - Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain, dalam bangunan yang disebut dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

(1984)
   Émigré - Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.

Source : http://www.pixelldesign.com/artikel/208-sejarah-dan-perkembangan-desain-grafis-dunia-.html

4. Bidang Ilmu Permodelan Grafis

     Ada berbagai macam bidang ilmu yang berkaitan dengan permodelan atau desain grafis. Berikut ini beberapa contohnya :


a. Teknik Elektronika : Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
b. Desain grafis dan tipografi : Kemampuan untuk membuat desain dan tipografi yang bagus juga merupakan hal penting dalam interaksi manusia dan komputer, agar pengguna lebih mudah memahami penggunaan interface komputer.
c. Ilmu Bahasa : Komunikasi manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa.

5. Manfaat Desain Permodelan Grafis
     
  Berikut ini beberapa manfaat desain permodelan dalam berbagai bidang dan penerapannya.

a. Bidang hiburan, dalam bidang ini sangat diperlukannya desain permodelan grafis. misalnya dalam acara TV atau Film pasti para penonton lebih menyukai sajian visual yang bagus dan menarik.
b. Bidang Pendidikan, tentunya dalam bidang ini kegunaan Desain Pemodelan Grafis sangat berguna untuk media pembelajaran para siswa. contohnya saja jika guru menerangkan suatu pelajaran dengan bentuk visual seperti power point maka siswa-siswa akan lebih mudah memahami.

6. Software yang Berhubungan dengan Desain Grafis

    Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk desain permodelan grafis, baik untuk mengolah gambar, membuat gambar, atau bahkan merancang desain 3D. Berikut ini beberapa software yang berhubungan dengan desain permodelan grafis.

Desktop Publishing :

a. Adobe Photoshop
b. Adobe Illustrator
c. Adobe Indesign
d. Coreldraw
e. GIMP
f.  Inkscape
g. Macromedia Freehand

Webdesign :

a. Macromedia Dreamweaver
b. Microsoft Frontpage
c. Notepad

Audiovisual :

a. Adobe After Effect
b. Adobe Premier
c. Final Cut
d. Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash

Rendering 3 Dimensi :

a. 3D StudioMax
b. Maya
c. AutoCad

Source: https://eituzed.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-prinsip-dan-unsur-desain.html
https://ilmumendesain.blogspot.co.id/p/sejarah-dan-perkembangan-desain-grafis.html

Comments